Jumat, 13 April 2012

Modifikasi Jimny 4×4 offroad

jimny kanvastopMemiliki kendaraan yang handal di berbagai keadaan jalan tentu saja merupakan sebuah keinginan setiap pemakai kendaraan .
Namun tentu saja hal itu sangat susah tercapai jikala keinginan kita agar dua sisi antara onroad dan offroad harus terasa nyaman dan handal,sebab jikala kita menginginkan kendaraan nyaman onroad atau di jalanan mulus tapi di satu sisi kadang harus mengeluh ketika kita terpaksa harus berada di area jalan yang jelek bahkan jalanan semi offroad.
Saya sendiri sangat memimpikan memiliki kendaraan yang irit BBM enak di kendarai di jalanan yang bagus namun memiliki kemampuan jelajah dimedan tanah maupun jalanan Lumpur sekalipun.
katanaSejak lama saya melirik beberapa kendaraan yang memiliki penggerak 4×4 yang menurut saya sesuai untuk beberapa medan yang kadang harus saya lalui dalam aktifitas pekerjaan maupun keseharian.
Tentu saja banyak factor yang jadi pertimbangan dalam memilih kendaraan 4×4 yang pertama tentu saja adalah handal di antara dua medan serta irit BBM  serta memiliki harga yang relative terjangkau.
Dari beberapa factor tersebut akhirnya saya meminang SJ 410 suzuki jimny type 410 yang katana jumbo memiliki mesin type f 10 A dengan 4 silinder dan memiliki kapasitas mesin 970 cc .
Memang relative kecil kapasitas mesin nya namun kelebihan kendaraan ini adalah memiliki berat kendaraan yang relative ringan serta memiliki rasio perbandingan gigi yang lumayan bagus.
Jimny SJ 410 yang saya miliki memang unik sejarahnya karena kendaraan tersebut memiliki body asli kanvastop yang mengalami perubahan penggantian body katana GX jumbo karena pemakai sebelum saya tidak menyukai type jip kanvastop maka ia merenovasi jip tersebut menjadi memiliki body Katana .
suzuki sieraSaat saya membelinya pun wajah serta keseluruhan dandanan mobil tersebut adalah katana jumbo lengkap dengan dashboard serta jok milik katana hanya saja garden depan tidak mengalami perubahan hanya di lepas kopel yang menghubungkan dari transfer case ke gardan depan.
Awal memiliki SJ 410 waktu itu saya sedang mengerjakan project Tower Seluler Telkomsel yang berlokasi di Sumatra Selatan yang memiliki medan jalanan tanah cukup banyak maka saya memutuskan untuk membawanya kesana sebagai kendaraan oprasional di samping mobil panther saya.
Ketertarikan saya dimulai dari sini untuk sedikit demi sedikit Modifikasi jip suzukimendandani kendaraan ini agar memiliki fungsi jelajah yang lumayan baik.
Diawali dengan memasang kembali as kopel depan serta memfungsikan tuas 4×4 kemudian saya mengganti roda kendaraan tersebut dengan ban AT merk achiles 235 R 15 dengan maksud agar enak dikendarai di jalan halus dan jalan tanah.
Selanjutnya kendaraan mengalami banyak perubahan termasuk warna yang kemudian saya cat ulang dengan tanpa merubah warna STNK ( biru )
Bengkel modif Jip SuzukiBerawal iseng dengan teman teman sekembali nya dari Sumatra saya mengikuti perjalanan Adventure yang mengakibatkan beberapa per saya patah  serta mengalami kerusakan pada shock absorber saya yang masih standar bawaan jimny kemudian akhirnya saya pun merubah serta memperbaikinya sedikit demi sedikit hingga akhirnya mengalami banyak perubahan termasuk memotong body dan mengembalikan sesuai dengan aslinya .
Hingga sekarang kendaraan tersebut sudah banyak sekali mengalami evolusi yang jauh berbeda dari semula . mulai dari pangkas body kemudian perombakan suspensi , kampaskopling, pemasangan roolbar , motor winch serta merubah header menjadi 4.2.1
Berikut data Mobil tersebut :
Spesifikasi :
  • Mesin                             : F10A .1000.cc
  • Shock stir                     : Rancho
  • Girboks                         : 4 speed oem Suzuki
  • Transfercase               : OEM Suzuki
  • Gardan depan             : SJ 410
  • Shock breaker            : Depan KYB ultra belakang Custom
  • Ban                                  : SIMEX extreme treker 29 R 15 dan Achiles AT 235 R15 ( masing masing 4 buah )
  • Wich                               : GEW 9000 lbs
  • Jok                                  : ex Singapore
  • Rool bar                        : custom
  • Bemper depan            : custom
  • Radio Kom                   : Alinco DR 135
  • GPS                                  : Garmin
  • Lampu exktra             : DLAA

1 komentar:

kaligesing mengatakan...

hihihih kopi paste

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Web Hosting